Kerja sama kemitraan ASEAN-AS secara formal dimulai pada tahun 1977.

Presiden Jokowi bersama para pemimpin negara ASEAN meluncurkan logo "Visit ASEAN@50" pada pembukaan KTT ASEAN, di NCC, Vientiane, Laos, Selasa (6/9) siang.

(Foto: Humas/Edi N)

Kerja sama kemitraan ASEAN-AS secara formal dimulai pada tahun 1977. Pedoman kerja sama dimaksud adalah ASEAN-US Strategic Partnership Plan of Action (2016-2020). Kerja sama kemitraan ASEAN-AS merupakan bagian penting dari komitmen Pemerintahan AS melalui kebijakan “Pivot Asia”. Bagi AS, ASEAN telah berkembang menjadi organisasi kerja sama regional yang dinamis dan mempunyai peran penting dalam skala regional yang mapan dan berpotensi sebagai pemain global.

Bidang yang menjadi prioritas kerja sama kemitraan ASEAN-AS adalah counter-terrorism, maritim termasuk pemberantasan IUU Fishing, wildlife trafficking, perubahan iklim, energi, UMKM, ekonomi digital, dan people-to-people ties. ASEAN-U.S. Connect dibangun mendorong pembangunan ekonomi dan jaringan antar kalangan/pebisnis di kawasan. ASEAN-U.S. Connect Centre di Jakarta diresmikan pada September 2016, dipimpin oleh seorang Director sebagai bagian dari Kantor Misi AS untuk ASEAN di Jakarta, diikuti dengan peresmian ASEAN-U.S. Strategic Connect di Singapura sebagai financial hub dan Bangkok sebagai kantor dagang. Empat prioritas ASEAN-US Connect adalah bisnis, energi, inovasi, dan kebijakan. ASEAN dan Amerika Serikat merayakan 40 Tahun Peringatan Kerja Sama Kemitraan di tahun 2017.

 

ASEAN-US Dialogue Relations

 

Summit Documents

 

Ministerial Documents

 

Agreements & Declarations

 

Press Release & Statements

 

Other Documents & Information

 

Links