Keketuaan Tahun Berjalan

Thailand adalah Ketua ASEAN pada tahun 2019, menggantikan Singapura yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua ASEAN pada tahun 2018

Serah terima keketuaan ASEAN dari Perdana Menteri Singapura Y.M. Lee Hsien Loong kepada Perdana Menteri Thailand Y.M. Prayut Chan O Cha pada KTT ASEAN tanggal 15 November 2018 di Singapura

(Sekretariat ASEAN)

Tiga tema Keketuaan Thailand:

1. Pertama, adalah "Maju". ASEAN akan melihat ke masa depan dan bergerak maju bersama secara dinamis, memanfaatkan kemajuan teknologi dari Revolusi Industri ke-4, dan meningkatkan daya saing. ASEAN juga akan membangun daya tahan terhadap teknologi yang merusak dan tantangan di masa depan, terutama untuk UMKM, sehingga dapat maju menuju "Digital ASEAN".

2. Kedua, adalah "Kemitraan" baik di dalam ASEAN maupun dengan Mitra Dialog dan komunitas internasional, dengan memperkuat konsep "ASEAN Plus One" dan memperkuat arsitektur regional yang berpusat di ASEAN, meningkatkan kerja sama ekonomi dengan semua negara dengan pertimbangan keseimbangan dan manfaat untuk rakyat, dan meningkatkan peran ASEAN di panggung internasional dalam menangani isu-isu global yang penting seperti perubahan iklim. Dalam memperkuat berbagai kemitraan ASEAN, salah satu pendorong terpenting adalah promosi konektivitas dalam berbagai dimensi, termasuk infrastruktur, peraturan dan regulasi, dan hubungan antar masyarakat, terutama dalam konteks Tahun Budaya ASEAN 2019. Tidak kalah penting adalah menghubungkan berbagai strategi konektivitas di ASEAN, untuk mewujudkan "Seamless ASEAN".

3. Ketiga, "Keberlanjutan". ASEAN akan membangun keberlanjutan di semua dimensi, baik itu keamanan berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, yang meliputi ekonomi hijau dan pembangunan berkelanjutan. Pembentukan Pusat ASEAN untuk Studi dan Dialog Pembangunan Berkelanjutan dan Pusat ASEAN untuk Inovasi Aktif akan memainkan peran penting dalam mencapai tujuan ini.

sumber: www.asean2019.go.th