Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah seniman dari sejumlah negara Asia Tenggara dan Korea Selatan melakukan pertukaran budaya melalui pertunjukan seni yang diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia.

"Ini upaya untuk mempromosikan pertukaran kebudayaan antara para artis dan musisi tradisional di Asia," ujar Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid di Jakarta pada Kamis (7/11/2019).

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud bekerja sama dengan ASEAN menyelenggarakan beberapa pertunjukan kesenian yang juga melibatkan Korea Selatan bertajuk Asia Traditional Orchestra (ATO) 2019.

Forum tersebut diselenggarakan di Bali pada 3 - 13 November 2019 dengan tema “Mempertahankan Keragaman.” \

Setiap negara diwakili oleh satu komposer, dua musisi berikut dua pemain alat musik, dan juga seorang penampil, yang memang ahli di bidang grup musik ataupun orkestra tradisional.

"Mereka akan terlibat di beberapa lokakarya di bidang musik di Jakarta dan Bali. Selanjutnya para seniman ini akan berkolaborasi dan mengimplementasikannya ke dalam sebuah proyek dengan keragaman musik tradisional dan bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan musik tradisional di Asia," kata Hilmar.

Selengkapnya Bisnis.com