Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah berangkat menuju Singapura untuk menghadiri serangkaian pertemuan pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-51 dan Post Ministerial Conference ke-19 yang diselenggarakan pada tanggal 31 Juli – 4 Agustus 2018.

Di Singapura, Menlu Retno dijadwalkan menghadiri 19 rangkaian pertemuan tingkat Menlu ASEAN antara lain ASEAN Ministerial Meeting Plenary dan Retreat, ARF, 19th ASEAN Plus Three, 8th East Asia Summit, SEANWFZ, AICHAR Interface, serta pertemuan ASEAN dengan berbagai Mitra Wicaranya. Demikian seperti dikutip dari rilis resmi Kementerian Luar Negeri RI, yang dimuat Liputan6.com, Selasa (31/7/2018)

Selain serangkaian pertemuan Menlu ASEAN, Retno juga dijadwalkan untuk melakukan sekitar 12 pertemuan bilateral. Pertemuan ASEAN dan Mitra Wicara ASEAN pada tingkat Menteri Luar Negeri tersebut akan membahas mengenai Review of Cooperation and Future Direction ASEAN serta Exchange of Views on International and Regional Issues.

Beberapa isu yang menjadi perhatian Indonesia dalam pertemuan antar menlu ASEAN itu antara lain mengenai Indo-Pasifik, kerja sama penanggulangan terorisme, pemajuan perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), ekonomi kreatif, serta kerja sama penanganan resiko bencana.