BEIJING - China mengatakan Pertemuan Pejabat Senior ke-15 tentang Implementasi Deklarasi Perilaku di Laut China Selatan (DoC) akan diselenggarakan pada 27 Juni di Changsha, Provinsi Hunan, China Tengah.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang, Wakil Menteri Luar Negeri China Kong Xuanyou dan diplomat senior dari negara-negara ASEAN akan menghadiri pertemuan tersebut. Sebelum pertemuan, pertemuan Kelompok Kerja Bersama ke-24 tentang Implementasi COC akan diadakan.

"China dan negara-negara ASEAN akan terus membahas masalah termasuk pelaksanaan DoC, kerja sama pragmatis maritim, dan negosiasi kode etik di Laut Cina Selatan (CoC)," kata Geng seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (22/6/2018).

"Berkat upaya bersama China dan negara-negara lain di kawasan itu, situasi di Laut Cina Selatan saat ini telah stabil dan mempertahankan momentum positif," imbuhnya.

"Semua pihak akan melanjutkan upaya mereka dalam mendorong dialog dan kerja sama, berusaha untuk lebih banyak hasil dan kemajuan, sehingga menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk mengkonsolidasikan situasi suara saat ini," tukasnya.

DoC, yang ditandatangani pada tahun 2002 oleh China dan negara-negara ASEAN, menguraikan prinsip-prinsip terpenting dalam pengelolaan sengketa di Laut Cina Selatan, dan konsultasi untuk CoC diluncurkan oleh kedua pihak pada tahun 2013. Keduanya bertujuan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di wilayah tersebut.