Jakarta (ANTARA News) - Indonesia dikukuhkan menjadi Ketua Komite ASEAN-Canbera (ACC) periode Januari-Juni 2018 pada pertemuan tingkat duta besar negara anggota ASEAN di Canbera, Australia.

"Keketuaan Indonesia pada ACC mencerminkan kepercayaan perwakilan negara anggota ASEAN di Australia terhadap kepemimpinan Indonesia," kata Duta Besar Luar Republik Indonesia untuk Australia merangkap Vanuatu, Kristiarto S. Legowo dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dubes Kristiarto Legowo menyatakan kepercayaan tersebut juga penting utamanya dalam menghadapi sejumlah program kegiatan penting seperti ASEAN-Australia Special Summit (AASS) yang akan diadakan di Sydney pada Maret 2018 dan dihadiri oleh seluruh kepala negara dan pemerintahan dari negara anggota ASEAN bersama dengan Perdana Menteri Australia.

Pelaksanaan AASS juga dapat dianggap sebagai perhatian besar dan kepentingan strategis Pemerintah Australia terhadap ASEAN, terutama mengingat potensi kerja sama kemitraan yang potensial yang masih bisa dibangun ke depannya.

Dubes Kristiarto juga menekankan bahwa keketuaan Indonesia tidak hanya akan dititikberatkan pada hubungan politik, namun juga lebih untuk menggalang kerja sama ekonomi serta memperkuat hubungan antarmasyarakat.

Indonesia akan mengoordinasikan partisipasi perwakilan negara anggota ASEAN pada sejumlah kegiatan internasional di Australia seperti "National Multicultural Festival" 2018 ataupun "Canberra Run 2018", yang akan semakin meningkatkan citra serta profil ASEAN kepada masyarakat umum di Australia.

Sementara itu, kerja sama dalam bidang ekonomi tercermin dari penyelenggaraan "Business Summit dan SME Conference" yang di antaranya bertujuan untuk memperkuat networking kalangan bisnis negara anggota ASEAN.