KBRN, Jakarta : Komunikasi internasional Indonesia dan manfaatnya bagi masyarakat Indonesia ternyata sangat penting dan masih banyak yang harus diubah agar menjadi lebih kuat. Poin dari komunikasi internasional ini menjadi sebuah harapkan untuk memunculkan pembangunan.

Menurut Dr Hermin Indah Wayuni, pakar komunikasi dari Universitas Gajah Mada, di tengah situasi global saat ini, Indonesia memang selalu menunjukkan bahwa dia aktif berjaring, baik bagi kawasan regional maupun dunia.

"Ini upaya menunjukan untuk aktif seperti mencari terobosan ekonomi. Jadi misalnya mau melakukan ekspor dan lain sebagainya, agar bisa di carikan jalan," ujarnya.

Komunikasi internasional sendiri untuk optimal bagi masyarakat ternyata mempunyai  beberapa problem seperti domestik dan juga global.

“Konteks ASEAN bagaimana peran Indonesia, yang walaupun hanya diam saja, itu pasti akan sampai karena jumlah kita memang ada 250 juta, sementara ASEAN itu total ada sekitar 650. Artinya, Indonesia perannya sangat kuat, tapi saya merasa bahwa semua institusi relevan telah menyuarakan tentang ASEAN ini,” ujar Hermin Indah Wahyuni dalam wawancara dengan Pro3 RRI, Kamis (2/2/2018).

Ia menilai masih banyak yang harus dilakukan perubahan agar Indonesia jauh lebih kuat seperti negara tetangga.

“Dari sumber daya manusia harus bisa diubah agar bisa bersaing. Sumber daya manusia itu sangat penting, bagaimana kesulitan berbicara Bahasa Inggris di negara China. Sama dengan Indonesia, bagaimana masyarakat kita itu mampu memainkan nilai-nilai nasional, ini yang butuh komunikasi yang luar biasa. Sumber daya manusia memang penting dari pemerintahan dan bisnis,” ungkap Hermin. (Tias/HF)

Selengkapnya RRI