JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengajak para Duta Besar/Wakil Tetap untuk ASEAN berkunjung ke Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019). 

"Kita ajak Sekjen dan para Dubes ASEAN melihat kapasitas dan kemampuan Indonesia khususnya BMKG dalam pemantauan dan pengendalian asap dan kebakaran hutan. Selain itu BMKG sangat tinggi dalam hal peramalan meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Ini hendaknya menjadi pertimbangan dalam menentukan penempatan ASEAN Coordination Centre for Transboundary Polution Control (ACCTHPC)," kata Siti Nurbaya.

Menteri Siti mendapat informasi bahwa BMKG termasuk lembaga meteorologi dan geofisika terbaik juga di dunia. "Jadi saya pamerin lah ceritanya ke Sekjen ASEAN dan perwakilan negara tetap lain. Ini juga penting untuk memberikan gambaran kepada negara subregional ASEAN untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Bahwa Indonesia itu advance dalam pengetahuan teknologi," tuturnya.