BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Suasana meriah terlihat di Auditorium Belgrano yang berada di dalam Kementerian Luar Negeri dan Agama Argentina, pada Kamis pekan lalu (8/8/2019). Sebabnya pada hari itu, digelar perayaan hari jadi ASEAN ke-52 yang diselenggarakan di ibu kota Buenos Aires, dan dihadiri oleh lima perwakilan organisasi Asia Tenggara itu.

Yakni Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Demikian keterangan yang disampaikan KBRI Buenos Aires seperti diterima Kompas.com Minggu (11/8/2019). Wakil Menteri Luar Negeri ddan Agama Gustavo Zlauvinen menjelaskan ASEAN merupakan contoh bagi masyarakat internasional bagaimana menjaga sebuah kawasan aman dan mengedepankan dialog antar-anggota.

"Sudah selayaknya Argentina menjalin hubugan yang lebih di dalam segaal aspek dengan ASEAN," tutur Zlauvinen ketika hadir dalam perayaan tersebut. Selain sambutan, perayaan hari jadi ASEAN juga diisi dengan penampilan budaya khas masing-masing anggota. Indonesia misalnya, menampilkan budaya Bali dengan busana dan tarian. Penampilan itu juga diikuti oleh negara anggota lainnya.

Hadirin juga berkesempatan memanjakan lidah mereka dengan sajian asli dari masing-masing negara. Dalam acara tersebut, disuguhkan Sate Maranggi dan Nasi Kuning dari Indonesia, Pad Thai yang merupakan kuliner Thailand, hingga Es Krim Ubi Filipina.