KBRN, Jakarta : ASEAN Committee in Stockholm/Komite ASEAN di Stockholm (ACS), mengadakan peringatan ASEAN Day 2019 di Kedutaan Besar Malaysia di Stockholm, Kamis (8/8/2019). Lebih dari 50 tamu undangan dari kantor Pemerintahan Swedia dan Korps Diplomatik menghadiri kegiatan tersebut.

Bertindak sebagai Tamu Kehormatan adalah Menteri Negara pada Kantor Perdana Menteri, HE. Karin Wallensteen. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Uni Eropa adalah salah satu partner ASEAN yang paling lama. Perdagangan dan investasi merupakan tonggak utama hubungan Uni Eropa dan ASEAN. Swedia dan Uni Eropa adalah pendukung utama perdagangan bebas dan adil yang berbasiskan kesinambungan, ramah lingkungan, HAM, dan juga penegakan hukum.

Dubes RI, HE. Bagas Hapsoro dalam sambutannya menyoroti mengenai pandangan pertama ASEAN akan konsep Indo-Pacific. "Untuk merelisasikan elemen-elemen kunci dalam konsep Indo-Pacific, ASEAN akan melakukan kerja sama dalam beberapa area besar, termasuk diantaranya adalah kerja sama kemaritiman, konektivitas, dan Sustainable Development Goals 2030.", disampaikan Dubes Bagas.

Dubes Bagas juga memberikan perhatian khusus tentang peresmian gedung Sekretariat ASEAN yang baru di Jakarta. Gedung baru tersebut diresmikan pada tanggal 8 Agustus 2019 oleh Presiden RI. "Gedung Sekretariat ASEAN yang baru ini akan menjadi tempat bagi negara-negara anggota dan mitra ASEAN untuk saling bertukar pemikiran, sebuah landmark akan keberlangsungan kerjasama negara-negara ASEAN.", disampaikan Dubes Bagas.