VIVA – Indonesia menyatakan tidak kenal lelah terus mendorong kerja sama di kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil dan sejahtera. Untuk itu, bersama-sama dengan sesama anggota Perhimpunan Negara Asia Tenggara (ASEAN), Indonesia terus menggandeng negara-negara mitra yang berpengaruh di kawasan, salah satunya Jepang.

Demikian ungkap Direktur Kerja Sama Eksternal ASEAN di Kementerian Luar Negeri RI, Benny Y.P. Siahaan. Sikap Indonesia itu dia serukan saat menjadi Ketua Delegasi RI pada Pertemuan ke-34 ASEAN-Japan Forum di Kota Hanoi, Vietnam, pada 3-4 Juni 2019.

“Indonesia bersama-sama ASEAN berkepentingan untuk terus menjaga serta menjamin dinamika geo-strategis saat ini tidak mengganggu perdamaian dan stabilitas di kawasan. Tujuannya yaitu untuk menjadikan kawasan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil dan sejahtera," ujar Benny, saat mengulangi seruannya di forum itu kepada VIVA hari ini.

Menurut dia, hal tersebut diungkapkan saat pembahasan agenda Regional Architecture including Indo-Pacific Cooperation. “ASEAN dan Jepang memiliki tujuan yang sama bahwa perdamaian, keamanan, stabilitas dan kesejahteraan, bergantung pada keterbukaan, inklusifitas dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik,” sambung Benny.

Deputi Senior Menteri Luar Negeri Jepang Takeo Mori, selaku Ketua Delegasi Jepang, menyampaikan apresiasi kepada ASEAN dalam menentukan sikap di tengah persaingan dan perebutan pengaruh negara-negara besar (major powers) dewasa ini. ASEAN dipandang Jepang mampu menjembatani serta meningkatkan stabilitas dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik.