KOMPAS.com - Organisasi negara-negara Asia Tenggara ( ASEAN) berniat mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034. Wacana tersebut dilontarkan Chairman ASEAN Jenderal Prayuth Chan o-cha saat KTT ASEAN di Bangkok. Selaku organisasi yang mewadahi, AFF menyatakan dukungannya atas rencana tersebut. Presiden Jendral AFF Khiev Sameth menyatakan pihaknya menyambut baik dan menjanjikan dukungan mereka untuk merealisasikan wacana tersebut.

“Kami selalu berpendapat bahwa ASEAN, yang secara kolektif merupakan kekuatan ekonomi terbesar ketiga di Asia dan terbesar ketujuh di dunia memiliki potensi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA yang sukses," kata Sameth dikutip dari laman AFF, Selasa (25/6/2019).

"Piala Dunia FIFA yang diselenggarakan oleh ASEAN akan menghasilkan manfaat ekonomi dan olahraga untuk wilayah ini, dan juga akan memperkuat ikatan di antara 640 juta orang, lanjutnya. Ada 10 negara ASEAN yang disebut terlibat dalam wacana tersebut. Gagasan untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia pertama kali diperdebatkan saat Jepang dan Korea Selatan mengajukan diri dan akhirnya berhasil menggelarnya di tahun 2002.

Piala Dunia di lebih dari satu negara akan kembali digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko pada 2026. Khusus Asia, benua kuning akan kembali menjadi penyelenggara Piala Dunia tahun 2022 mendatang di Qatar.