HANOI, DDTCNews—Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc mengatakan pada dasarnya Vietnam sudah dapat mengendalikan pandemi virus Corona atau Covid-19. Karena itu, ia mengajak semua kalangan untuk bekerja kembali membangkitkan ekonomi nasional.

PM Nguyen mengungkapkan hal itu dalam pertemuan dengan pimpinan perusahaan-perusahaan di Hanoi, Vietnam. Ia mengatakan para pelaku usaha dapat bekerja sama mengatasi tantangan, merebut peluang, dan memulihkan ekonomi.

“Kita tidak akan menjadi yang paling kuat atau yang paling cerdas untuk bertahan. Kita akan menjadi orang-orang yang bisa cepat beradaptasi dengan situasi,” katanya dalam pertemuan yang di Hanoi, Vietnam, Kamis (14/5/2020).

PM Nguyen mengatakan meskipun ada dampak pandemi, produk domestik bruto (PDB) Kota Ho Chi Minh pada kuartal pertama tahun ini meningkat sebesar 1,03%, sementara Hanoi juga tumbuh sebesar 3,5% dan Hai Phong meningkat sebesar 14,9%.

PDB domestik pada kuartal pertama naik 3,82%, meskipun itu adalah yang terendah dalam lebih dari 10 tahun. “Ini adalah hasil yang membanggakan dalam konteks banyak ekonomi lain di dunia yang membukukan pertumbuhan negatif,” kata Phuc seperti dilansir phnompenhpost.com.

PM Nguyen menegaskan Vietnam mencatat pertumbuhan terkuat di ASEAN pada kuartal pertama. Ia mencatat bahwa di bidang kesehatan, negara itu pada dasarnya dapat mengendalikan pandemi tersebut berkat tindakan tepat waktu dan efektif.

Selengkapnya tautan