Manila - Filipina merasa lega setelah mendapat dukungan dari semua negara kontestan SEA Games 2019. Ke-11 negara ASEAN menggelar pertemuan pada Jumat (29/11/2019) malam di New Clark. Mereka memberikan dukungan kepada Filipina untuk menuntaskan tugas sebagai tuan rumah SEA Games ke-30 itu.

"Kami senang ada dukungan yang bulat untuk Filipina dari anggota ASEAN," kata Komite Olimpiade Filipina dan Presiden SEAGF, Abraham "Bambol" Tolentino, dikutip dari Philstar. Presiden Komite Olimpiade Malaysia, Mohamad Norza Zakaria, menunjukkan pengertian kepada tuan rumah.

“Sebagai tuan rumah SEA Games 2019, kami memahami apa yang Anda alami dan kami menyatakan dukungan penuh untuk semua kerja keras Anda, terutama karena ini adalah ajang yang terbesar yang pernah ada, dengan 56 cabang olahraga,” kata Zakaria.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari juga memberikan dukungan. "Tuan rumah ini bersejarah dan saya memuji teman baik saya Presiden Tolentino atas kerja keras dalam menyelenggarakan ajang ini," kata Raja Sapta.

SEA Games 2019 akan resmi dibuka di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019) malam.