SINGAPURA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia mengirimkan delegasinya untuk menghadiri pertemuan ASEAN Maritime Transport Working Group (ASEAN MTWG) Meeting ke37 yang digelar di Singapura hari ini, Selasa (5/3/2019) sampai dengan Kamis (7/3/2019).

Pertemuan ASEAN MTWG ke-37 ini menindaklanjuti dan membahas lebih lanjut tentang pengimplementasian hasil pertemuan ASEAN Senior Transport Officials Meeting (STOM) ke-46 dan ASEAN Transport Minister Meeting (ATM) ke-24 dan yang diselenggarakan secara back to back di Bangkok, Thailand pada tanggal 5-8 November 2018 yang lalu.

Pada pertemuan ASEAN MTWG ke-37 ini, Delegasi Republik Indonesia terdiri dari perwakilan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan serta perwakilan dari Kementerian Luar Negeri. Adapun yang bertindak sebagai Ketua Delegasi Indonesia adalah Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko.

Capt. Wisnu mengatakan, bahwa salah satu agenda dari ASEAN MTWG ke-37 ini adalah terkait perkembangan dari pengimplementasian Rute RoRo Dumai-Malaka ini merupakan Pilot Project untuk ASEAN Single Shipping Market (ASSM). Pada pertemuan ini, Wisnu menyampaikan bahwa Indonesia telah melakukan pembahasan intensif terkait persiapan pengoperasian RoRo Dumai-Malaka ini sejak diselenggarakannya 2nd Join Task Force Meeting di Pekanbaru, Indonesia pada bulan September tahun 2018.