Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) meluapkan kegembiraannya saat membuka Konferensi Organisasi Insinyur se-ASEAN ke-37 di Jakarta. Jokowi yang juga seorang insinyur mengaku senang karena insinyur se-ASEAN sudah memiliki standar kompentensi yang sama.

“Saya senang telah terdapat muncul recognition agreement di antara insinyur-insinyur di ASEAN sehingga terdapat standar kompetensi yang sama di antara negara,” tutur Jokowi saat membuka Cafeo37 yang dihadiri 1.000-an insinyur se-ASEAN di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Jokowi menjelaskan, perjanjian tersebut, memungkinkan mobilitas para insinyur lintas negara di kawasan ASEAN lebih mudah. “Kerja sama antar insinyur di ASEAN ini penting untuk terus ditingkatkan dan saya yakin setiap negara ASEAN punya kekuatan masing-masing,” ujarnya.

Jokowi berharap, ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO) dapat memfasilitasi anggotanya untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan serta saling bersinergi satu dengan yang lainnya.