Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati 51 tahun ASEAN, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menegaskan bahwa ASEAN akan terus berupaya menciptakan lingkungan yang damai dan stabil.

"ASEAN berperan banyak dalam menciptakan environment yang damai dan stabil. Ini terasa sekali saat kita bicara di EAS (East Asia Summit) kemarin, hampir semua negara memberikan dukungannya untuk sentralitas ASEAN," ujar Menlu Retno, Rabu (8/8/2018) di Sekretariat Asean, Jakarta.

"Kalau sentralitas ASEAN didukung dan diakui banyak negara dan mitra kita, maka yang paling penting adalah menjaga unity of ASEAN itu sendiri," imbuhnya.

Sementara itu, pernyataan Menlu Retno Marsudi juga senada dengan apa yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Hock Hoi. Ia juga mendukung sentralitas dan persatuan dari organisasi yang terbentuk sejak 1967 tersebut.

"ASEAN harus mengutamakan perdamaian, sentralitas dan kesejahteraan kawasan. Saya harap akan ada konektivitas yang lebih baik dan lebih kuat antar negara-negara anggota ASEAN," kata Lim ketika membuka acara peringatan 51 tahun ASEAN di Sekretariat ASEAN, Rabu 8 Agustus 2018.

Selengkapnya Liputan6.com