REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --  Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (RI) Retno Marsudi mengatakan, negara ASEAN berkomitmen untuk bersama melawan virus corona terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok dan medis.

Dia mengatakan solidaritas antarnegara menjadi kunci untuk melewati pandemi Covid-19. Pertemuan antarMenteri Luar Negeri pun sering dilakukan untuk melakukan koordinasi.

"Walau semua masing-masing negara disibukkan menangani Covid, namun saya cukup gembira spirit kerja sama dikobarkan oleh kita semua" ujar Retno dalam telekonferensi bersama media, Kamis (9/4).

Retno menjelaskan, Indonesia telah mengusulkan pertemuan ASEAN Coordinating Council (ACC) yang berlangsung secara virtual hari ini. Dalam pertemuan yang dihadiri seluruh Menlu ASEAN terlihat kekompakan diplomasi terus bergerak bersama.

Dalam pertemuan itu, Retno menyampaikan tentang pentingnya komitmen bersama dalam menjaga arus lalu lintas perdagangan dan barang, seperti kebutuhan pokok dan medis. Meski setiap negara dibuat kewalahan oleh pandemi, sangat ditekankan kerja sama antara negara untuk melawan masa sulit ini.

Selengkapnya Republika