Jakarta, Nusantaratv.com - Di tengah merebaknya pandemi virus corona (COVID-19), tidak ada yang lebih penting selain solidaritas dan kerja sama antarnegara untuk memerangi COVID-19 secara efektif. Untuk itu, ASEAN kembali mengadakan dialog dengan negara-negara mitra kuncinya, yakni Australia guna mengintensifkan kerjasama menanggulangi COVID-19 di kawasan pada Senin (18/05/2020).

Pertemuan ke-32 ASEAN-Australia Forum yang dilakukan secara telekonferensi, selain membahas berbagai isu untuk memperkuat kerja sama kemitraan strategis kedua belah pihak di masa mendatang, juga secara khusus membahas isu COVID-19.

Indonesia menyampaikan kemajuan dan tantangan penanganan COVID-19 di kawasan, serta mendorong pentingnya kerja sama sektor kesehatan antara ASEAN dengan Australia. "Menghadapi pandemi COVID-19, untuk jangka pendek, ASEAN dan Australia perlu melakukan kerja sama di bidang penyediaan dan distribusi peralatan kesehatan serta pendanaan penanganan pandemi," kata Dirjen Kerja Sama ASEAN, Jose Tavares sebagai Ketua Delegasi Indonesia, dikutip dari laman kemlu.go.id, Selasa (19/5/2020).