Jakarta: Presiden  Joko Widodo dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Singapura. KTT berlangsung pada 13 sampai 15 November 2018. Di sana, dia akan mengikuti 17 sampai 20 pertemuan. "Ada dua isu pertama yang akan disampaikan oleh Presiden," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis, 8 November 2018.

 

Menurut dia, yang pertama Presiden akan membahas Indo pasific. Isu ini, kata dia, telah dikonsultasikan secara intensif dengan negara ASEAN maupun mitranya selama 1,5 tahun terakhir. "2014 pada saat di East Asia Summit juga Presiden mempresentasikan mengenai maritime fulcrum di situ sudah disebut mengenai Indopacific dan disitulah titik Presiden menyampaikan konsep mengenai konsep Indopacific," jelas dia.

Kedua, lanjut dia, Presiden membahas soal regional cmprehensive economic partnership (RCEP). Indonesia menjadi ketua tim negosiasi dalam masalah ini. "Nanti para leader akan memberikan komitmen lebih agar negosiasi RCEP ini bisa lebih diselesaikan karena kalau 10 plus 6, 16 negara ini akan menjadi suatu building block perdagangan yang akan sangat besar," jelas dia.