TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan Indonesia menjadi destinasi petualangan nomor wahid di Asia Tenggara. "Kemenparekraf akan selalu siap mendukung karena peluang usaha di wisata jenis ini sangat besar, dan akan membuka banyak lapangan kerja," kata Sandiaga lewat akun instagramnya @sandiuno, Rabu, 7 April 2021.

Untuk merealisasikan itu, Kemenparekraf akan berkolaborasi dengan Indonesia Adventure Travel Trade Association (IATTA). IATTA merupakan asosiasi yang menaungi seluruh asosiasi-asosiasi wisata petualangan di seluruh Indonesia.

Tugasnya adalah menyatukan pandangan untuk penyusunan standar pedoman wisata petualangan. "Kami yakin justru dengan kami berkolaborasi ini akan timbul yang tidak terpikirkan sebelumnya (dalam pengembangan wisata)," ujarnya.

Salah satu destinasi wisata yang akan dikembangkan adalah arung jeram di kawasan Citarik, Sukabumi, Jawa Barat. Kawasan wisata tersebut nantinya diharapkan dapat limpahan pengunjung dari Kawasan Ekonomi Khusus pariwisata yang akan dikerjakan di kawasan Lido, Jawa Barat. 

Selengkapnya Tempo