Merdeka.com - Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan Dialog ASEAN dan Selandia Baru ke-25 yang diselenggarakan di Jakarta dari tanggal 10-11 April. Ini merupakan pertemuan reguler tahunan antar Senior Officials (SOM) Negara ASEAN dan Selandia Baru.

Sebagai negara koordinator ASEAN untuk kerja sama kemitraan ASEAN dengan Selandia Baru tahun 2015-2018, Indonesia sangat mengapresiasi peran Selandia Baru dalam kerja sama ini.

"Banyak kerja sama antara ASEAN dan Selandia Baru di berbagai bidang seperti pemberian beasiswa bagi pelajar di ASEAN dan kerja sama di bidang ekonomi," ujar Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Jose Tavares dalam pidato pembukaan ASEAN dan Selandia Baru Dialogue ke-25 di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (11/4).

Dukungan yang diberikan Pemerintah Selandia Baru adalah pemberian beasiswa bagi 225 pelajar ASEAN untuk menempuh pendidikan S2 dan S3. Serta delegasi pemuda ASEAN yang dikirim untuk belajar bisnis di negara tersebut. Tentu hubungan inimemperkuat kemitraan strategis kedua belah pihak di masa mendatang.

Selandia Baru juga sangat mengapresiasi terjalinnya kerja sama dengan negara-negara ASEAN yang sangat potensial.

"Kami melakukan berbagai dialog dengan negara-negara ASEAN seperti Indonesia, kami membahas tentang sampah plastik di laut dan Filipina terkait soal kejahatan siber," kata Wakil Sekretaris kawasan Amerika dan Asia Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru Ben King. [frh]