Liputan6.com, Surabaya - Mahasiswa Departemen Informatika dan Sistem Informasi ITS, Surabaya berhasil menyabet juara pertama dengan merancang situs web yang menyuarakan tentang perubahan iklim di ajang Future Ready ASEAN Competition yang berlangsung di Bangkok, Thailand selama tiga hari, yang dimulai sejak Rabu, 27 November 2019.

Rizky Andre Wibisono dan Alifia Rizki Rahmarani, yang tergabung dalam Tim Terrennial menjadi delegasi dari Indonesia di ajang skala internasional tersebut. “Nama tim kami sesuai dengan nama situs web yang kami kembangkan,” ujar Rizky, ketua tim Terrennial, ITS Surabaya, Sabtu (30/11/2019).

Tahun ini, Future Ready ASEAN Competition diselenggarakan oleh ASEAN Foundation, sebuah organisasi di bawah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang berfokus pada pengembangan masyarakat dan generasi muda, serta bekerja sama dengan sejumlah perusahaan dan organisasi besar seperti Microsoft, Grab, EMPIRE CODE, dan UNESCO.

Dengan mengusung tema Create a Blog Site on Sustainability, Future Ready ASEAN Competition menetapkan empat subtema dalam agendanya yakni Agrikultur, Biodiversitas, Perubahan iklim, dan Air. Dalam kesempatan ini, Tim Terrennial mengambil subtema Perubahan Iklim. “Kami mengambil tema perubahan iklim karena hal ini cukup meresahkan bagi kami,” ungkap mahasiswa angkatan 2017 tersebut.