Singapura - Para Pemimpin ASEAN akan kembali bertemu dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-32 ASEAN di Singapura, pada tanggal 25-28 April 2018. Singapura sebagai Ketua ASEAN 2018 telah menyampaikan rencana program kegiatan dan dokumen yang akan dihasilkan pada KTT ke-32 pada ASEAN Joint Consultative Meeting and Related Meetings (JCM) di Singapura, 6-8 Maret 2018.

Pada KTT ke-32 ASEAN, Pemimpin ASEAN dijadwalkan untuk membahas salah satu usulan untuk membentuk ASEAN Smart Cities Network (ASCN). Bagi Indonesia, kerja sama tersebut dapat mengurangi development gap dan sejalan dengan agenda nasional dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Untuk itu, Indonesia mendukung gagasan tersebut dan telah menominasikan 3 (tiga) smart cities yaitu, Jakarta, Banyuwangi dan Makassar.

Selain persiapan KTT ke-32 ASEAN, JCM juga membahas persiapan ASEAN-Australia Special Summit pada tanggal 17-18 Maret 2018, di Sidney, Australia. Selanjutnya JCM mengesahkan revisi Kerangka Acuan JCM untuk menegaskan mandat JCM dalam mendukung ASEAN Coordinating Council (ACC) menangani isu-isu strategis lintas sektor dan beririsan (cross-sectoral and cross-cutting issues).

Selain itu, JCM juga mengelaborasi kemajuan implementasi Rekomendasi High Level Task Force on Strengthening the ASEAN Secretariat and Reviewing the ASEAN Organs. Beberapa rekomendasi yang tengah dilaksanakan ialah upaya perampingan (streamlining) pertemuan ASEAN, pemanfaatan teknologi video conferencing facilities untuk melakukan pertemuan ASEAN, dan penugasan pejabat Pilar Ekonomi pada tiap Perwakilan Tetap Negara Anggota ASEAN di Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Sekretariat ASEAN (ASEC) dan negara anggota ASEAN menyampaikan penghargaan tinggi kepada Pemerintah Indonesia atas komitmen dan kontribusi yang diberikan dalam pendanaan konstruksi dan furnishing gedung baru ASEC. Saat ini pembangunan gedung baru Sekretariat ASEAN telah mencapai tahap konstruksi dan ditargetkan selesai pada tahun 2019.

JCM merupakan pertemuan konsultatif bagi tiga pilar Masyarakat ASEAN, yaitu Masyarakat Politik Keamanan ASEAN, Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Masyarakat Sosial Budaya ASEAN yang dihadiri oleh Pejabat Senior dari masing-masing pilar. Pertemuan ini telah didahului dengan Pertemuan Komite Wakil Tetap Negara Anggota ASEAN (Committee of Permanent Representatives) dan Pertemuan tingkat pejabat senior Kementerian Luar Negeri (Senior Officials’ Meeting/SOM). Delegasi RI dipimpin oleh Direktur Kerja Sama Politik Keamanan ASEAN, M. Chandra W. Yudha yang bertindak sebagai Acting Ketua SOM ASEAN-Indonesia bersama Wakil Tetap RI untuk ASEAN, Duta Besar Ade Padmo Sarwono beserta para pejabat dari Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Perwakilan Tetap RI untuk ASEAN (PTRI ASEAN), Kementerian Perdagangan dan KBRI Singapura. (Sumber: Ditjen Kerja Sama ASEAN)

Selengkapnya Kementerian Luar Negeri