MANILA- Pertemuan the 20th ASEAN Committee on Culture and Information- Sub-Committee on Information (COCI-SCI) telah diselenggarakan pada tanggal 27-28 Maret 2019 di Manila, Filipina. Pertemuan dihadiri oleh para pejabat bidang informasi dari seluruh negara ASEAN untuk membahas berbagai proposal proyek pada bidang informasi dalam kerangka kerja sama ASEAN serta membahas pemanfaatan ASEAN Cultural Fund (ACF). Pertemuan mencatat 2 (dua) proposal kegiatan baru yang akan diimplementasikan Indonesia, yaitu Fact-Checking Workshop for ASEAN Online Media Influencers dan Workshop on the Development of ASEAN On-line Media Literacy Guideline.

Indonesia melaporkan penyelenggaraan kegiatan the 8th ASEAN Quiz (Regional Level) yang telah diselenggarakan di Bali pada tanggal 3-7 Desember 2018. Kegiatan ini merupakan kuis cerdat cermat ASEAN yang diikuti oleh pelajar SMA dari seluruh negara anggota ASEAN yang didanai oleh ASEAN Cultural Fund (ACF). ASEAN Quiz tingkat regional dilakukan secara bergilir di negara anggota ASEAN guna meningkatkan awareness pelajar SMA terhadap ASEAN.

Beberapa proposal proyek terkait bidang informasi yang disetujui akan diimplementasikan pada tahun 2020 menggunakan ASEAN Cultural Fund (ACF), antara lain kegiatan yang bersifat tahunan, seperti ASEAN Television News: Integrates, Informs, Inspires; Voice of ASEAN-Beyond Boundaries dan the 9th ASEAN Quiz (Regional Level). Adapun beberapa proyek lainnya yang disetujui adalah kegiatan Promoting of ASEAN Communication Master Plan II in ASEAN Member States; Faces of ASEAN: Opportunities for All dan ASEAN Media Professionals Exchange. [Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN]***