SINGAPURA- Pertemuan the 17th ASEAN Senior Officials Meeting Responsible for Information (SOMRI) telah diselenggarakan pada tanggal 23-24 April 2019 di Singapura dengan tema “Inclusive and Informed Digital ASEAN”.

Pertemuan dihadiri oleh para pejabat senior bidang informasi dari seluruh negara ASEAN untuk membahas upaya dan kebijakan negara-negara anggota ASEAN dalam memajukan kerja sama bidang informasi di ASEAN, khususnya pada implementasi ASEAN Strategic Plan for Information and Media 2016-2025, ASEAN Communication Master Plan 2018-2025 (ACMP II), dan berbagai kerja sama bidang informasi dengan negara Mitra Wicara ASEAN.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti, dengan didampingi perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri.

Pertemuan antara lain mengesahkan Framework for Developing Digital Readiness among ASEAN Citizens yang disusun Singapura.

Framework ini bertujuan sebagai panduan bagi negara anggota ASEAN dalam meninjau kesiapan digital di masing-masing negara. Framework terdiri dari 3 (tiga) bagian, yaitu akses digital, literasi digital dan partisipasi digital. Terkait ASEAN Communication Master Plan 2018-2025 (ACMP II) dalam hal diseminasi informasi mengenai ASEAN kepada masyarakat, Indonesia menyampaikan bahwa di tingkat nasional telah mengimplementasikan 3 (tiga) strategi komunikasi.

Ketiga strategi komunikasi tersebut yaitu kegiatan "above the line", yaitu sosialisasi ASEAN melalui media mainstream, “Through the line”, yaitu kampanye ASEAN melalui media digital, dan “Below the line”, yaitu melalui berbagai kegiatan off-air, seperti: seminar, workshop, pertunjukan rakyat, dan kegiatan lainnya, termasuk melalui kerja sama dengan 56 Pusat Studi ASEAN (PSA) di seluruh Indonesia dan seleksi Duta Muda ASEAN-Indonesia pada tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri.

[Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN]***