Banyuwangi, Jawa Timur: Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Pusat  Studi ASEAN  (PSA)  - Universitas Jember, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, dan Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Banyuwangi, mengadakan  Forum dialog melalui Heads of Village Dialog Forum "ASEAN Goes to Village" di Kampus IAI Ibrahimy, Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur (14/11). Kegiatan ini diikuti 209 Kepala Desa/Perangkat Desa seluruh Kabupaten Banyuwangi. Narasumber pada kegiatan ini berasal dari intansi pemerintah dan universitas yaitu Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, BNP2TKI dan Universitas Jember.

Kegiatan Forum dialog ini dilakukan untuk memberi pemahaman dan mendapatkan informasi yang utuh mengenai Kerja Sama ASEAN kepada para Kepala Desa/Perangkat desa mengingat aparat desa merupakan ujung tombak birokrasi pemerintah di tingkat akar rumput yang bersentuhan langsung dengan kondisi riil masyarakat. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh dosen Universitas Jember sejauh ini, banyak penduduk desa yang belum mengetahui secara pasti regulasi, peluang dan tantangan ASEAN, manfaat, dan mungkin keberadaan ASEAN secara umum belum diketahui oleh masyarakat yang berada di pedesaan.

Dalam sambutan pembukaan, Kementerian Luar Negeri c.q. Sekretariat Ditjen Kerja Sama ASEAN, pada kesempatan ini diwakili oleh Mahmudin, Kepala Bagian Keuangan Setditjen Kerja Sama ASEAN Menyampaikan bahwa Kementerian Luar Negeri secara terus menerus mempromosikan ASEAN yang berorientasi pada masyakarat dan berpusat pada masyarakat (people-oriented, people-centered) di semua sektor kemasyarakatan, terlepas dari gender, ras, agama, bahasa, atau latar belakang sosial budaya, didorong untuk berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari proses integrasi dan pembangunan komunitas ASEAN. Kepala Desa dan Perangkat Desa merupakan garda terdepan dalam berinteraksi dengan masyarakat perlu memahami kerja sama ASEAN

Selengkapnya: Kementerian Luar Negeri RI