Pada Minggu pagi, 5 Agustus 2018, Komunitas ASEAN menyaksikan peluncuran Hari Bebas Kendaraan Bermotor ASEAN/ ASEAN Car Free Day (ASEAN CFD) di Jakarta, bersamaan dengan pemecahan Rekor Dunia untuk Tari Poco-Poco terbesar yang dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo.
 
Indonesia mendapat kehormatan menjadi lead country dan tuan rumah Peluncuran ASEAN CFD mengingat Indonesia merupakan negara pertama di kawasan ASEAN yang melaksanakan CFD pada tahun 2002. Peluncuran ASEAN CFD telah diresmikan dan digaungkan melalui media briefing yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Perwakilan Tetap untuk ASEAN dari negara anggota ASEAN di Jakarta, Sekretaris Jenderal ASEAN, Deputi Sekretaris Jenderal untuk Komunitas Sosial Budaya ASEAN serta Direktur Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN mewakili Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri.
 
Para Menteri Kesehatan ASEAN pada pertemuan dua tahunan/ ASEAN Health Ministers Meeting pada bulan September 2017 di Brunei Darussalam membahas inisiatif untuk memperkuat komitmen Sektor Kesehatan ASEAN dalam mempromosikan gaya hidup sehat dan mengatasi ancaman yang utamanya ditimbulkan oleh penyakit tidak menular, seperti diabetes, kanker, penyakit kardiovaskular dan pernapasan, yaitu melalui ASEAN CFD. 

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari implementasi ASEAN Declaration on Culture of Prevention for a Peaceful, Inclusive, Resilient, Healthy and Harmonious Society, yang telah diadopsi oleh para Pemimpin negara ASEAN pada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-31 pada 13 November 2017 di Manila, Filipina. Negara anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam dan Malaysia turut bergabung dalam Peluncuran ASEAN CFD dengan melaksanakan Car Free Day secara simultan di negara masing-masing. Negara-negara tersebut telah melakukan weekly car-free days atau car-free mornings

Sementara itu, Negara Anggota ASEAN lainnya juga telah memulai hari bebas kendaraan bermotor, seperti Singapura yang telah mengadakan kegiatan serupa pada tanggal 27 Juli 2018. Negara Anggota ASEAN lainnya juga telah menjadwalkan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor dalam beberapa bulan mendatang. [Sumber: Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN]