Polhukam, Bogor – Kedeputian Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri ( Bidkor Pollugri) Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) mengadakan acara Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema Pembahasan Penerapan ASEAN Common Visa (ACV) Bagi Warga Negara Non-ASEAN.

Pada acara yang dilaksanakan di Hotel Salak Tower, Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/3/2018) dipimpin oleh Asisten Deputi (Asdep) 3/II Koordinasi Kerja Sama ASEAN Widya Rahmanto dan hadir sebagai pembicara Direktur Kerja Sama Politik Keamanan ASEAN Kementrian Luar Negeri (Kemenlu), Mochammad Chandra Widya Yudha, Direktur Konsuler Kemenlu, Didik Eko Pujianto, dan The Habibie Center, Ibrahim Almuttaqi.

“Kegiatan FGD ditujukan untuk membahas kendala dan tantangan penerapan ASEAN Common Visa bagi warga negara non-ASEAN utamanya pada aspek teknis, kapasitas, SDM dan aspek keamanan perbatasan terkait ancaman kejahatan lintas-batas pergerakan manusia di kawasan,” kata Widya Rahmanto saat membuka acara.

Widya Rahmanto mengatakan dengan adanya pertemuan ini diharapkan ada masukan dari para pemangku kepentingan utamanya pada aspek teknis dan keamanan perbatasan terkait ancaman kejahatan lintas batas terhadap studi kelayakan penerapan ACV.

“Pertemuan ini diharapkan juga dapat Memberikan rekomendasi terhadap penyelesaian feasibility study atau studi kelayakan ACV di ASEAN sesuai mandat Cetak Biru Pilar Polkam ASEAN 2025 dalam memperkuat integrasi ASEAN,” tambahnya.

 

Selengkapnya Kemenko Polhukam RI