Usai melakukan penandatanganan perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP), Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto bersama Ketua Tim Perundingan Perdagangan RCEP, yaitu Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Iman Pambagyo menggelar konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat dan disiarkan secara virtual, Minggu (15 Nov).

Mendag RI menyampaikan bahwa hari ini para pimpinan 15 negara, yakni 10 negara anggota ASEAN dan Australia, Jepang, Korea Selatan, RRT, dan Selandia Baru menyatakan bahwa perundingan RCEP telah selesai. Pernyataan ini segera diikuti dengan penandatangan teks Perjanjian RCEP oleh para menteri dari ke-15 negara tersebut secara virtual.

Sementara, Iman Pambagyo menegaskan bahwa hari ini merupakan hari istimewa untuk Indonesia, karena menandai terwujudnya sebuah prakarsa berani yang dicetuskan Indonesia pada tahun 2011. Saat itu, Indonesia menjadi Ketua ASEAN dan mengonsolidasikan lima ASEAN Plus One FTAs menjadi sebuah perjanjian mega-regional.

Hari ini akan dicatat sebagai hari keberhasilan Indonesia memimpin perundingan perjanjian perdagangan mega-regional yang akan memperdalam dan memperluas rantai pasok yang berpusat di ASEAN, untuk selanjutnya memainkan peran lebih signifikan dalam rantai pasok global. Kemendag menyampaikan terima kasih kepada berbagai kementerian dan lembaga yang terlibat aktif selama proses perundingan.

Sumber: Kementerian Perdagangan RI