Jakarta – Pemerintah Australia menyerahkan secara simbolis dukungan penanganan Covid-19 di Indonesia melalui Kedutaan Besarnya di Jakarta. Kuasa Usaha Ad-Interim/ Wakil Dubes Australia serahkan dukungan terebut kepada Kepala BNPB, dengan disaksikan Direktur Asia Timur dan Pasifik, Kemlu pada 24 Juli 2020.

Dukungan berupa 100 unit ventilator beserta kelengkapannya telah tiba pada 21 Juli 2020. Dukungan lainnya berupa tes PCR dan peralatan medis akan dikirimkan pada akhir Agustus 2020. Total nilai dukungan sebesar AUD 2 juta (Rp. 19,4 milyar).

Selain dukungan peralatan medis bagi rumah sakit dan pusat kesehatan, kerja sama bilateral bagi penanganan Covid-19 di kedua negara juga dilakukan dalam bentuk penguatan kapasitas, termasuk bagi BNPB.

Kerja sama penanganan Covid-19 dengan Pemerintah Australia merupakan wujud dari solidaritas dan persahabatan yang kuat antara kedua negara. Selama ini, kedua negara juga telah saling memberikan dukungan dalam penanganan bencana, seperti dukungan Pemerintah Indonesia terhadap kebakaran hutan di Australia pada bulan Februari lalu.

Kedepannya, diharapkan Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-Australia dapat terus diperkuat dalam menangani Covid-19 maupun percepatan pemulihan ekonomi pasca Covid-19 di kedua negara.

(sumber: Kementerian Luar Negeri)