Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mewakili Presiden Joko Widodo hadir dalam Pertemuan Para Kepala Negara ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN (ASEAN Leader’s Interface with Youth Representatives) yang dilakukan melalui telekonferensi, Jumat (26/6).

Pertemuan itu rutin dilakukan di sela-sela rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN sebagai forum komunikasi antara para pemuda ASEAN dengan Kepala Negara ASEAN untuk mendiskusikan peran pemuda dalam membangun Komunitas ASEAN.

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah menunjukkan dukungan terhadap pengembangan dan kesempatan yang sama bagi kaum muda, termasuk di antaranya, mengangkat beberapa pemuda yang dinilai kompeten untuk menduduki jabatan strategis di pemerintahan.

Selain itu, mendukung pengembangan industri vokasi dan teknologi seperti kendaraan listrik dan industri permulaan Indonesia. Saat ini Indonesia memiliki 2.193 perusahaan rintisan, mencakup satu Decacorn dan empat Startup Unicorn sehingga menempatkannya sebagai ekosistem start up nomor lima paling aktif di dunia, setelah AS, India, Inggris, dan Kanada.

Selengkapnya: Kementerian Sekretariat Kabinet