Aplikasi Cek Bansos BLT, BSU, PKH, Prakerja Resmi Kemensos

 

Siapa disini yang masih penasaran ingin mengecek apakah kita mendapatkan Bantuan Sosial dari Pemerintah atau tidak? Jika kamu salah satunya, maka kamu bisa Mengeceknya langsung menggunakan Aplikasi Cek Bansos.

Seperti yang kita ketahui bersama jika efek Pandemi di Negara Indonesia sangatlah besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Meskipun telah berakhir, namun Ekonomi kita belum sepenuhnya pulih. Oleh karena itulah saat ini Pemerintah dengan menggandeng Kementerian Sosial sedang gencar memberikan Bantuan Sosial kepada Masyarakat.

Bantuan-bantuan ini diserahkan kepada mereka yang membutuhkan melalui berbagai Program, mulai dari Bantuan Langsung Tunai (BLT), Prakerja bagi Karyawan yang kena PKH, BSU atau bantuan subsidi Upah dan juga Program Keluarga Harapan.

Target dari Program Bansos pemerintah tersebut diharapkan tepat sasaran seperti untuk Karyawan yang di Berhentikan Perusahaan (PHK) dampak Pandemi yang dimana Roda perputaran perusahaan sempat Macet, maka untuk mengurangi biaya Operasional Karyawan terpaksa memutuskan kontrak.

Selain karyawan yang di PKH, Program Bansos ini juga menargetkan Masyarakat yang Kurang mampu sehingga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebelum kalian menyimak informasinya, kalian juga bisa coba Situs Penghasil uang yang terbukti menghasilkan yang berhasil kami kumpulkan.

Tentang Aplikasi Cek Bansos Kemensos

apk cek bansos

Bantuan-bantuan yang diberikan lewat program seperti BSU, PKH, Prakerja dan juga BLT ini bermacam-macam ada yang lewat Online bahkan ada juga yang lewat Offline yaitu lewat kelurahan setempat dan diambil langsung di Kantor Pos.

Sayangnya meskipun tujuan dari pemerintah dan kementerian sosial ini sangatlah baik karena membantu mendorong pertumbuhan ekonomi agar lebih cepat, ada saja oknum yang masih mengira bahwa bantuan yang diberikan tidak tepat sasaran.

Akibatnya, untuk mengurangi dugaan masyarakat yang demikian kini Kementerian Sosial (KEMENSOS) Meluncurkan sebuah Aplikasi Bantuan Sosial yang dapat diakses oleh semua kalangan mulai dari remaja hingga dewasa.

Apa itu Aplikasi Bansos?

Aplikasi Bansos Merupakan sebuah Aplikasi yang dibuat langsung Oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia yang berfungsi untuk mengecek kepesertaan dari pengguna apakah pengguna tersebut mendapatkan bantuan sosial atau tidak.

Baca Juga:  Bling2 Apk Live Mod (Unlock All Room) No Sensor Terbaru 2023

Aplikasi yang satu ini sudah bisa kalian unduh langsung di Google Playstore sekarang juga melalui HP Android yang kamu miliki saat ini.

Jadi apakah kamu juga tertarik untuk mengecek keikutsertaan kamu apakah termasuk golongan yang mendapatkan bantuan sosial atau tidak? Silahkan kalian simak Informasinya berikut ini.

Aplikasi Cek Bansos (Bantuan Sosial) Kemensos Terbaru

Aplikasi Cek Bansos (Bantuan Sosial) Kemensos Terbaru

Berikut ini ada beberapa Aplikasi untuk Memeriksa (Cek) Bantuan sosial atau yang kita kenal dengan bansos menurut Jenis Program Bantuan yang diberikan sesuai dengan yang ada di Situs Kemensos.Go.id.

Sebelum itu, kami sarankan kalian untuk lebih teliti dan mengeceknya satu persatu di Aplikasi Cek Bansos Resmi dari Kemensos ini Langsung. Coba juga Aplikasi penghasil saldo Dana yang terpercaya.

1. Aplikasi Cek Bansos BLT (Bantuan Langsung Tunai) Minyak Sayur

Setelah Akhir Libur Lebaran 2023 kemarin, pemerintah memberikan bantuan dengan Program Bantuan Langsung berupa uang Rp. 300.000 yang pencairannya bisa diambil Rp. 100.000 Tiap Bulannya.

Dengan Target mencakup 20 Juta Keluarga Kurang mampu (KM) diharapkan bantuan ini Nantinya bisa dibelikan untuk kebutuhan pokok seperti Sembako berupa Minyak Goreng, Beras, dan kebutuhan pokok lainnya.

Bantuan yang satu ini diharapkan oleh Mentri Sosial RI periode 2019 – 2024 Tri Rismaharini tepat sasaran dan sesuai dengan data terpadu kesejahteraan sosial yang saat ini telah divalidasi dan dimiliki oleh Kementerian berwenang.

2. Aplikasi Cek Bansos Program Kartu Prakerja

Program Prakerja merupakan program yang sebenarnya fokus kepada para karyawan yang terkena PHK atau pemberhentian Kontrak oleh perusahaan tempat dia bekerja.

Selain itu, para lulusan baik dari SMA, SMK hingga Tamatan Perguruan tinggi juga bisa gunakan Program ini.

Program yang satu ini sudah dimulai sebelum Pandemi Berlangsung dimana para peserta bisa melatih Skill atau Kemampuannya untuk dapat sertifikat sehingga selain bisa digunakan sebagai syarat Lowongan kerja, para peserta juga sudah ahli.

Program Prakerja ini menggandeng beberapa Startup Internasional dengan pengharapan memiliki kemampuan tenaga internasional yang mampu bersaing dengan pelamar kerja lainnya.

3. Jumlah Dana Bantuan Sosial (Bansos) Prakerja

Para Peserta Prakerja Akan mendapatkan Dana Intensif Rp. 2.500.000 yang dibayarkan selama 5 bulan.

Dalam satu bulan, dana akan cair sejumlah Rp. 600.000 kedalam Kantong Digital yang kamu masukkan seperti DANA, LINKAJA, OVO dan Rekening Bank Swasta kalian.

Syarat utama Agar Dana Intensif ini Cair tentu saja dengan menyelesaikan pelatihan yang ada. Selanjutnya, peserta akan dikirim sesuai jadwal, hari yang ditentukan.

Baca Juga:  Download MB WhatsApp iOS Apk Versi Terbaru 2023 Anti Banned

4. Aplikasi Cek Bansos BNPT (Bantuan Pangan Non Tunai)

Sesuai dari namanya, Program Bantuan sosial BNPT diberikan kepada warga yang kurang mampu dalam berupa barang kebutuhan sehari-hari seperti Beras, Telur, Minyak Sayur, Mi Instan dan lainnya yang jika dinilai dengan uang seharga Rp. 200.000.

Disalurkan langsung dari Kantor Desa Masing-masing wilayah, penerima bisa membeli bahan pokok masyarakat di E-warung dan juga Toko yang sudah bekerjasama dengan Kementerian Sosial.

Tujuannya sama yaitu agar warung-warung atau toko Swalayan kelas kebawah bisa menikmati keuntungan Program yang satu ini.

Cara Cek Bansos BNPT sangatlah mudah, kalian hanya datang ke Kantor desa terdekat dan memeriksa apakah nama kalian tercantum sebagai penerima bantuan sosial atau tidak.

5. Aplikasi Cek Bansos PKH (Program Keluarga Harapan)

PKH atau yang akrab dikenal dengan program keluarga harapan merupakan salah satu jenis Bantuan sosial yang dikeluarkan oleh Lembaga Nasional kementerian Sosial yang diberikan berdasarkan dari Data Keluarga Miskin (KM) dengan syarat tertentu.

Bansos PKH ini sangatlah berbeda dari jenis Program Bantuan yang dikeluarkan oleh pemerintah lainnya. Jika program lain Nilai dari Bantuan antara satu warga dan lainnya sama maka ini tidak berlaku untuk Bansos PKH.

Bantuan yang diberikan akan berbeda-beda tergantung kebutuhan pokok dari penerima bantuan seperti Disabilitas, Anak Usia Dini, Anak Yatim Piatu, Janda Anak satu, orang Lanjut Usia, serta anak yang putus sekolah mulai dari SD, SLTP, hingga SLTA dengan total bantuan sebesar Rp. 2.400.000.

Bantuan yang diberikan ini terbagi kedalam Periode 1 hingga 3 Bulanan. Ini juga dihitung berdasarkan jumlah anggota keluarga yang menerima bantuan.

Kamu bisa cek apakah kamu berhak menerima Bantuan PKH dengan cara masuk ke Situs DTKS (Dana terpadu kementerian sosial) milih Kemensos.

7. Aplikasi cek Bansos Dana Desa

Selain diambil dari Kantor POS, ada juga bantuan yang diberikan oleh Pemerintah guna mengentaskan kemiskinan di Indonesia dimana salah satunya yaitu melalui program bantuan Dana Desa.

Dana yang akan dicairkan oleh keluarga yang berhak menerima bantuan ini sebesar Rp. 300.000 yang dibayarkan secara langsung.

Download Aplikasi Cek Bansos Resmi kemensos.go.id

Download aplikasi cek bansos terbaru

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengunduh Apk cek Bansos kementerian sosial yang asli besutan Kemensos? Jika iya silahkan kalian unduh langsung lewat link Dibawah ini.

Details Cek Bansos Apk
Versi Terbaru 2023
Ukuran File 40 MB
Developer Kementerian Sosial Republik Indonesia
Minimal OS Android 4+
Link Download Disini

Note: Karena App Cek Bansos Kemensos yang akan kalian pakai Resmi dari Playstore, maka Instalasinya bisa dilakukan secara langsung saat setelah mengunduh Apk tersebut

Baca Juga:  Wild Cash Mod Apk [Unlimited Money, No Ads] Versi Terbaru 2023

Cara Cek Penerima Bantuan sosial (BLT) lewat Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Cara Cek Penerima Bantuan sosial (BLT) lewat Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Setelah kalian menyimak beberapa tipe bantuan yang diberikan dan juga mengetahui link untuk Aplikasi cek Bantuan sosial kini saatnya kalian menyimak panduan penggunaan aplikasinya.

Berikut ini adalah tutorial cara menggunakan Aplikasi Cek Bansos Akurat di HP Android maupun iOS (iPhone, iPad, Mac).

  • Pertama silahkan buka Aplikasi cek Bansos yang sudah kalian unduh dan pasang di smartphone tadi
  • Jika sudah, silahkan untuk Buat Akun Terlebih dahulu
    Selanjutnya kalian masukkan data No KTP dan juga Nomor KK serta data pendukung lainnya
  • Selanjutnya, silahkan lakukan Swafoto atau Foto Selfie dengan memegang foto KTP juga
    Apabila sudah tervalidasi, maka tahap terakhir kalian tinggal pilih saja jenis program kemensos
  • Apabila Nama kamu tercantum, maka kamu berhak mendapatkan bantuan BLT dan mengikuti ke tahap selanjutnya
  • Selesai

Selain lewat Aplikasi, Kalian juga dapat cek Bansos lewat situs Cek Bansos Kemensos

Apakah Aplikasi Cek Bansos Aman digunakan?

Aplikasi cek Bansos yang kalian dapatkan di situs ini resmi diunduh langsung dari Google Playstore yang kita kenal sangat terjamin keamanannya.

Jadi buat kamu yang kebetulan membaca artikel ini, kami hanya membagikan informasinya saja bukan membagikan Aplikasinya.

Cara memperbaiki Error pada Aplikasi Cek Bansos by Kemensos

Mengatasi masalah pada aplikasi cek bansos
Mengatasi masalah pada aplikasi cek bansos

Sejak awal peluncurannya, Aplikasi yang satu ini sempat menuai banyak Kontroversi karena seringkali sebagian pengguna mengalami keluhan seperti Aplikasi Tidak bisa Login, Tidak bisa mengajukan diri, memberikan saran dan lain sebagainya.

Ada beberapa pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

Clear Cache

Silahkan untuk lakukan penghapusan cache atau file sampah smartphone yang kalian miliki untuk mengoptimalkan kinerja ponsel terutama saat memproses permintaan data kalian.

upayakan untuk selalu clear cache aplikasi cek bansos supaya servernya mengulang kembali.

Hapus Data

Selain cache, kalian juga dapat menghapus data aplikasi apabila menemui kendala seperti permintaan proses aplikasi cek bansos stak atau tidak bisa terbuka.

biasanya hal ini dikarenakan server yang sibuk karena permintaan sangat banyak.

Hubungi Admin

Apabila kalian menemui kendala yang sama, maka ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan adalah menghubungi admin.

Apabila kalian mendapati pesan masuk kedalam email berisikan verifikasi namun ketika dibuka muncul tulisan Error Json Parse atau situs tidak bisa dijangkau maka kalian bisa kunjungi dan tanyakan langsung lewat situs kemensos.go.id.

Akhir Kata

Demikianlah Artikel mengenai Aplikasi cek Bansos atau Bantuan sosial Dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (KEMENSOS) serta cara mengecek keikutsertaan program bantuan BLT secara gratis yang dapat kami sampaikan, terima kasih dan semoga bermanfaat.